Tingkatkan Besaran Transaksi Hingga 409%, Jasa Marga Beri Apresiasi kepada Karyawan untuk Transaksi Melalui Platform Pasar Digital (PaDi) UMKM

JAKARTA, SP – PT Jasa Marga (Persero) Tbk, menggelar Appreciation Day Pasar Digital (PaDi) UMKM di Lingkungan Jasa Marga Group pada Jumat (03/03). Hadir dalam kegiatan ini, Direktur Human Capital & Transformasi Jasa Marga Bagus Cahya Arinta B., perwakilan Kementerian BUMN Mustafa Kamal, CEO PaDi UMKM Jimmy Karisma Ramadhan, para Senior Leader di lingkungan Jasa Marga Group serta perwakilan dari unit kerja Kantor Pusat, Regional Division, Anak Perusahaan Jalan Tol dan Service Provider.

Acara tersebut digelar sebagai bentuk apresiasi kepada para Roadster Jasa Marga (panggilan untuk karyawan Jasa Marga) yang aktif melakukan transaksi melalui platfrom PaDi UMKM serta untuk mendorong peningkatan transaksi belanja kepada UMKM melalui platform PaDi UMKM.

PaDi UMKM merupakan inisiatif Kementerian BUMN yang berupa ekosistem berbasis platfrom digital yang berfungsi untuk mempertemukan UMKM dengan BUMN sehingga dapat mengoptimalkan, mempercepat serta mendorong efisiensi transaksi belanja BUMN pada UMKM.

Direktur Human Capital & Transformasi Jasa Marga, Bagus Cahya Arinta B. dalam sambutannya menyebutkan bahwa jumlah seller PaDi UMKM Jasa Marga Group mencapai 116 seller pada tahun 2022. Jumlah ini meningkat sebesar 263% jika dibandingkan tahun 2021 yang berjumlah 44 seller.

“Sementara itu, untuk transaksi Jasa Marga Group melalui PaDi UMKM pada tahun 2021 sebesar Rp5 miliar, sedangkan pada tahun 2022 ini meningkat 409% menjadi Rp30,382 miliar. Nilai yang meningkat drastis ini merupakan hasil kerja keras dari lingkungan Kantor Pusat, Regional Division, Anak Perusahaan Jalan Tol dan Service Provider. Meski begitu, tetap ada evaluasi untuk diperhatikan. Saya berharap proses pengadaan barang dan jasa lebih ditingkatkan sebagai wujud keberpihakan Jasa Marga terhadap pengembangan bisnis UMKM,” jelas Bagus.

Dukungan Perusahaan BUMN dalam pengembangan UMKM di Indonesia juga disampaikan oleh Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting dalam video sambutannya. Ia menjelaskan, salah satu cara BUMN dalam menjalankan perannya sebagai agent of development adalah melalui pengembangan UMKM sebagai tulang punggung perkonomian negara. Dengan capaian peningkatan transaksi B2B hingga 409% di Jasa Marga yang juga didorong oleh program pemberian apresiasi, ia berharap program ini dapat terus dijalankan dan berkelanjutan.

“Berdasarkan data yang kami miliki terkait transaksi PaDi UMKM di lingkungan Jasa Marga, bahwa nilai belanja B2B pada tahun 2022 mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Capaian ini juga turut didorong dengan adanya program apresiasi PaDi UMKM kepada Karyawan di lingkungan internal Jasa Marga. Oleh karenanya saya berharap program ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan, apalagi kami melihat, potensi belanja Jasa Marga kepada UMKM, masih bisa lebih besar,” ujar Loto.

CEO PaDi UMKM Jimmy Karisma Ramadhan menyebutkan bahwa, dalam pengembangannya, PaDi UMKM akan selalu memberikan nilai tambah bagi penggunanya, diantaranya dengan pengembangan fitur Request for Quotation, Sistem Pembayaran Termin, Simplifikasi Pajak dan Single VA, Integrasi Sistem Procurement, H+0 Disbursement, Financing serta fitur Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan Legalitas Halal.

“Kami selalu menyebut PaDi UMKM sebagai platform saatnya UMKM ketemu jodoh. Hal ini karena UMKM banyak memberikan manfaat, diantaranya memberikan kontribusi 60,3% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional hingga menyerap hampir 97% dari total lapangan kerja,” tambah Jimmy

Jasa Marga menargetkan, ke depannya di tahun 2023 ini sistem pengadaan langsung di lingkungan Jasa Marga Group dapat dioptimalkan melalui PaDi UMKM, mengingat di tahun ini, Jasa Marga Group memiliki komitmen anggaran belanja sebesar Rp30,58 miliar melalui PaDi UMKM.

Appreciation Day PaDi UMKM Tahun 2022 ini diberikan berdasarkan atas sejumlah kriteria penilaian, diantaranya, Nilai Transaksi Tertinggi PaDi UMKM B2B, E-Procurement PaDi UMKM dan Buyer Staff yang aktif menginisiasi transaksi belanja melalui PaDi UMKM. [EH]

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*