Kemkop dan UKM Gelar Pelatihan Manajemen Keuangan Usaha Mikro di Tanah Papua

Sekretaris Deputi Usaha Mikro KemenKopUKM Aufrida Herni Novieta.

PAPUA, SP – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemkop dan UKM) melalui Deputi Bidang Usaha Mikro bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM Prov Papua, Koordinator Papua, dan Papua Muda Inspiratif menggelar kegiatan pelatihan manajemen keuangan usaha mikro di Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Organisasi Papua Muda Inspiratif merupakan gerakan kolaborasi dari anak-anak muda Papua dan Papua Barat yang inspiratif, menginspirasi dan mendorong percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua yang berfokus kepada manusia dan digerakkan oleh manusia.

Sekretaris Deputi Usaha Mikro KemenKopUKM Aufrida Herni Novieta mengatakan kegiatan pelatihan yang diadakan sebagai salah bentuk komitmen pemerintah dalam menjalankan program transformasi informal ke formal bagi usaha mikro.

Potensi usaha mikro sangat besar, namun masih perlu adanya peningkatan daya saing bagi usaha mikro karena masih ada beberapa persoalan yang dihadapi. “Transformasi tersebut tentu saja bukan hanya dari sisi legalitas, namun juga perlu dari sisi kualitas SDM-nya, khususnya para wirausaha muda dari kaum millennial di Provinsi Papua dan sekitarnya,” ungkap Novieta dalam sambutannya saat membuka acara Pelatihan Manajemen Keuangan Usaha Mikro di Kota Jayapura, Provinsi Papua, Rabu (6/4/2022).

Adapun materi kegiatan pelatihan ini tentang keterampilan dalam manajemen keuangan, penyusunan business plan, akses pembiayaan dan penyusunan laporan keuangan sederhana. “Manfaatkan pelatihan ini untuk mendapatkan ilmu pengetahuan terutama dalam manajemen keuangan sekaligus menjalin kolaborasi antar sesama pelaku usaha mikro untuk sama-sama berperan dalam pemulihan ekonomi,” lanjutnya.

Selanjutnya, pelaku usaha mikro diharapkan agar terus berinovasi meningkatkan usaha bukan hanya menguasai pasar di Indonesia saja, melainkan ekspor untuk komoditas-komoditas tertentu.

“Setelah pelatihan, pelaku usaha mikro yang telah berhasil dapat mengimplementasikan usahanya dan mampu mendorong perkembangan ekonomi di Provinsi Papua dan sekitarnya,” tegas Novieta. [EH]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*