Survei DSI: Responden Pelaku Usaha Mal dan Pasar Banyak Pilih Airlangga

Airlangga Hartarto.

JAKARTA, SP – Dinamika Survei Indonesia (DSI) menyebutkan bahwa nama Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar menjadi nama paling banyak dipilih oleh responden dari stakeholder pasar dan mal.

Direktur Eksekutif Dinamika Survei Indonesia (DSI) Permadi Yuswiryanto mengatakan pihaknya melakukan penelitian dengan metode kualitatif-induktif, bertujuan untuk mengetahui perkembangan pasar tradisional dan mall pasca PPKM dicabut dan untuk mengetahui preferensi stakeholder Pasar terhadap dinamika ekonomi dan politik nasional.

Ia menjelaskan dalam penelitian ini terdapat tiga stakeholder yang terlibat yaitu stakeholder primer (para pedagang pasar tradisional dan Mall) dan Pekerjanya stakeholder sekunder (para pembeli/konsumen pasar tradisional.

“Pasar tradisional dan pasar modern (Mall) menjadi penggerak utama roda perekonomian kawasan kota di Kabupaten dan Provinsi. Saat ini masyarakat sangat menggantungkan kehidupan ekonominya pada pasar tradisional dan Pasar modern,” ujar Permadi Yuswiryanto, Senin (13/3/2023) dalam keterangan tertulisnya.

Ia mengungkapkan hasil temuan survei pada stake holder pasar tradisional dan mall yang selama dua tahun lalu begitu merasakan pengaruh dari adanya pandemi Covid-19 yang sangat mempengaruhi aktivitas mereka baik dan pendapatan mereka.

“Ketika ditanya tentang kebijakan pemerintah dalam menangani pemulihan aktivitas jual beli di Pasar dan mall maka sebanyak 89,9 persen puas dengan kebijakan pemerintah dalam pemulihan aktivitas di Pasar dan Mall,” jelasnya.

Permadi menjelaskan tokoh bakal capres yang paling dikenal saat adanya pandemik covid yang menyebabkan aktivitas di pasar terdampak hingga pendapatan pelaku usaha di pasar dan Mall menurun serta aktivitas para stake holder Pasar tradisional dan Mall yang terganggu.

Dari hasil survei, Permadi menyebutkan nama Airlangga Hartarto menjadi tokoh yang paling dikenal oleh stake holder Pasar dan Mall dimana sebanyak 57,7 persen stake holder Pasar dan mall sangat tahu dan menunggu kebijakan kebijakan yang akan dikeluarkan oleh Airlangga. Seperti pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PPKM dan program – program bantuan permodalan dan bansos.

Sedangkan kebijakan Ganjar Pranowo selama covid hanya diketahui oleh 8,9 persen stakeholder Pasar dan Mall. Kemudian kebijakan Prabowo Subianto hanya diketahui oleh 8,7 persen stakeholder Pasar dan Mall, kemudian Anies Baswedan 7,2 persen, Sandiaga Uno 6,7 persen.

Saat ditanya terkait kriteria Presiden yang diharapkan dalam Pilpres 2024, sebanyak 70,2 persen menginginkan tokoh yang memang sudah mampu dan pengalaman serta sudah punya jam terbang yang tinggi untuk mengelola perekonomian nasional terutama yang berhubungan dengan pengelolaan pasar tradisional dan mall. Kemudian sebanyak 29,8 persen menginginkan Presiden yang punya kriteria tegas dan merakyat

Hasil survei DSI juga mengukur preferensi stakeholder terhadap tokoh yang akan dipilih jika pilpres digelar saat ini dengan menyodorkan nama nama tokoh bakal capres secara tertutup.

“Maka nama Airlangga Hartarto paling banyak dipilih yaitu sebanyak 36,8 persen stakeholder pasar tradisional dan mall memilih Airlangga karena kebijakannya dan kemampuannya dalam memulihkan keadaan pasar tradisional dan mall sudah teruji,” ungkap Permadi.

Kemudian nama Prabowo Subianto dipilih 21,3 persen responden karena dianggap tegas. Nama Ganjar Pranowo dipilih 7,2 persen karena dianggap merakyat.

Kemudian Khofifah Indar Parawansa dipilih sebanyak 5,2 persen lalu Anies Baswedan 4,6 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 3,9 persen lalu Ridwan Kamil 3,1 persen, Puan Maharani 3,2 persen, Erick Thohir 2,3 persen dan Sandiaga 1,7 persen dan tidak memilih sebanyak persen 10.7 persen.

Survei DSI dilakukan sejak 25 Februari – 8 Maret 2023. Responden terdiri dari para stake holder di Pasar Tradisional dan mall yaitu para pekerja di sektor formal, informal, pelaku UMKM, pedagang kaki lima, pedagang pasar tradisional dan penjaga toko dengan jumlah responden sebanyak 2.280 orang yang sudah berumur 17 tahun keatas dan tersebar di 32 provinsi di Indonesia.

Survei sampel mengunakan metode multistage random sampling dan hasil survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen serta memiliki margin of error 2.07 persen.

Pengamat Ekonomi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Yohan Fitriadi menilai hasil survei DSI yang mengunggulkan Airlangga Hartarto sebagai tokoh yang paling dikenal oleh stake holder pasar dan mall itu berdasarkan atas kinerja yang baik dilakukan Ketua Umum Golkar tersebut.

“Menko Perekonomian Airlangga Hartanto adalah tokoh yang mampu membawa pemulihan terhadap ekonomi Nasional. Seperti yang diketahui, pertumbuhan ekonomi diprediksi berada pada angka 5,2 persen pada tahun 2023. Hal ini menunjukkan, dari sisi perekonomian menunjukkan adanya  momentum pemulihan ekonomi yang sangat kuat,” kata Yohan. [EH]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*