Cegah Kanker Serviks, Kemnaker Gelar Tes IVA

JAKARTA, SP – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyaksikan penyelenggaraan pencegahan dan deteksi dini kanker berupa pemeriksaan Tes IVA (Inpeksi Visual dengan Asam Asetat) di ruang Tridarma, Kemnaker, Jakarta, Kamis (22/12).

Tes IVA kepada Ibu-ibu Anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan karyawati di lingkungan Kemnaker merupakan puncak acara HUT DWP ke-23 dan Hari Ibu ke-94, yang mengusung tema ‘Membangun Perempuan Cerdas Untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital’.

“Kegiatan Tes IVA untuk mengetahui atau mendeteksi gejala kanker Serviks atau kanker leher (mulut) Rahim sedini mungkin.Hal ini sesuai dengan visi DWP yang mendukung dan
memperkuat peran serta perempuan dalam pembangunan bangsa, ” ujar Ida Fauziyah dalam sambutannya.

Ida Fauziyah berharap melalui Tes IVA ini, produktivitas pegawai Kemnaker lebih baik lagi karena dapat memproteksi dini dan menghindari kanker serviks. “Kanker serviks dan kanker payudara menjadi penyumbang terbesar kematian di Indonesia, ” katanya.

Selain Tes IVA, rangkaian HUT DWP Kemnaker sebelumnya diisi kegiatan bakti sosial, yakni donor darah, dan memberikan apresiasi kepada siswa berprestasi putra-putri dari teman-teman cleaning service (OB) dari setiap direktorat disamping dengan kegiatan-kegiatan lainnya.

Ida Fauziyah menyambut positif atas terselenggaranya kegiatan Tes IVA oleh DWP Kemnaker karena hal ini sangat membantu apabila terdeteksi lebih dini, akan lebih baik dalam pengobatan atau penyembuhannya. [EH]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*