Percepat Pemulihan Ekonomi, Kemnaker Dorong Lahirnya Wirausaha Baru

JAKARTA, SP – Kementerian Ketenagakerjaan terus mendorong lahirnya wirausaha baru guna mempercepat pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19. Dorongan ini dilakukan di antaranya dengan akses informasi tata cara dan dukungan dalam berwirausaha.

Hal tersebut disampaikan Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Titik Masudah, saat membuka Forum Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri di Jakarta, Senin (12/12/2022).

“Karena para peserta pada siang hari ini adalah para pelaku usaha baru, maka kebutuhan dari pelaku usaha adalah bagaimana mereka mengimprovisasi, bagaimana mereka mendapatkan informasi jalur dan akses usaha,” kata Titik.

Ia menambahkan, melalui forum ini, peserta akan mendapatkan sejumlah informasi seperti strategi pengembangan wirausaha baru, kiat-kiat pengembangan bisnis, hingga tata cara dan perizinan berusaha.

“Saya berharap para narasumber dapat menyampaikan ilmunya yang sangat berharga kepada para peserta yang berasal dari para masyarakat yang sedang mempersiapkan usaha dan wirausaha pemula,” katanya.

Direktur Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Kemnaker, Nora Kartika Setyaningrum, menambahkan, forum bertajuk “Kiat Bertahan di Dunia Kerja Pasca Pandemi” ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi SDM Indonesia yang akan didominasi oleh Generasi Milenial dan Generasi Z, di mana keberadaan mereka akan menjadi pondasi utama perekonomian Indonesia di masa depan.

Selain itu, kegiatan ini merupakan upaya konkrit dalam meningkatkan kolaborasi dan sinergitas pembangunan ketenagakerjaan.

“Kementerian Ketenagakerjaan menyadari bahwa tujuan pembangunan ketenagakerjaan akan dapat terwujud apabila seluruh pemangku kepentingan terkait dapat berperan aktif sesuai dengan fungsi dan kewenangannya masing-masing,” ujarnya. [EH]

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*